Struktur Kurikulum SMK Swasta Kesehatan Muhammadiyah Bireuen Tahun Pelajaran 2018/2019

Kurikulum

Struktur kurikulum 2013 melingkupi Kompetensi Inti yang menggunakan notasi sebagai berikut:

Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual
Kompetensi Inti-2 (KI-2)untuk kompetensi inti sikapsosial
Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan
Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan
Kelompok Mata Pelajaran

Kelompok Mata Pelajaran SMK Swasta Kesehatan Muhammadiyah Bireuen mengacu pada ketentuan Kurikulum 2013 yang diatur pada Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2013 terdiri atas mata pelajaran wajib dan mata pelajaran pilihan. Mata pelajaran wajib mencakup 9 (sembilan) mata pelajaran dengan beban belajar 24 jam per minggu. Mata pelajaran pilihan terdiri dari pilihan akademik dan vokasional. Beban belajar untuk SMK adalah 48 jam pelajaran per minggu. Satu jam belajara dalah 45 menit.

Struktur umum Kurikulum SMK Swasta Kesehatan Muhammadiyah Bireuen terdiri dari tiga kelompok mata pelajaran: kelompok A, B, dan C.

Kelompok A (Wajib)
Kelompok B (Wajib)
Kelompok C (Kejuruan)

C1 (Kelompok mata pelajaran dasar bidang keahlian)
C2 (Kelompok mata pelajaran dasar program keahlian)
C2 (Kelompok mata pelajaran Paket Keahlian)

Struktur kurikulum dengan mata pelajaran terinci SMK Swasta Kesehatan Muhammadiyah Bireuen ditampilkan pada table berikut.



Muatan Kurikulum

Muatan Kurikulum meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamanny amerupakan beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan. Disamping itu materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri termasuk kedalam isi kurikulum.

Untuk Kurikulum tahun 2013 beban belajar merupakan keseluruhan kegiatan yang harus diikuti peserta didik dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun pembelajaran.

Beban belajar di Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan dinyatakan dalam jam pembelajaran per minggu. Beban belajar satu minggu Kelas XI dan XII adalah 48 jam pembelajaran.
Durasi setiap satu jam pembelajaran adalah 45 menit.

Beban belajar di Kelas X, XI, dan XII dalam satu semester paling sedikit 18 minggu dan paling banyak 20 minggu.

Beban belajar di kelas XII pada semester ganjil paling sedikit 18 minggu dan paling banyak 20 minggu.

Beban belajar di kelas XII pada semester genap paling sedikit 14 minggu dan paling banyak 16 minggu.

Beban belajar dalam satu tahun pelajaran paling sedikit 36 minggu dan paling banyak 40 minggu.
Mata Pelajaran

Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud adalah kompetensi inti (Kurikulum 2013)dan kompetensi dasar yang dikembangkan berdasarkan standar kompetensi lulusan.

Struktur Kurikulum SMK Kesehatan Bali Dewata Tahun Pelajaran 2016/2017 meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII.

Muatan Lokal

Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangka nkompetensi yang disesuaikan dengan cirikhas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah yang materinya tidak dapat dikelompokkan kedalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan. Muatan lokal merupakan mata pelajaran sehingga satuan pendidikan harus mengembangkan standar kompetensi, kompetensi dasar, dan silabus untuk setiap jenis muatan lokal yang diselenggarakan.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © SMKS KESEHATAN MUHAMMADIYAH BIREUEN