Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mata Pelajaran SMK Kesehatan Kompetensi Asisten Keperawatan

 

Mata Pelajaran Asisten Keperawatan

Yang Dipelajari Pada Kompetensi Asisten Keperawatan

Jurusan asisten keperawatan merupakan program yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli dalam asistensi keperawatan yang terampil dan kompeten di bidang pelayanan dasar keperawatan khususnya pemenuhan kebutuhan dasar manusia. Lulusan dari jurusan keperawatan diharapkan dapat memfasilitasi perawatan individu, keluarga, masyarakat, sehingga mereka dapat mencapai, mempertahankan, dan memulihkan kondisi kesehatan yang optimal dan kualitas hidup yang prima.

Tugas utama perawat adalah memberi layanan kepada pasien dengan tindakan keperawatan yang sesuai dengan jenis penyakit yang dideritanya karena setiap pasien dengan penyakit tertentu akan berbeda perlakuannya dengan pasien dengan penyakit lainnya. Karena itu, peserta didik SMK jurusan Keperawatan tidak hanya mempelajari bagaimana merawat pasien, melainkan juga mempelajari berbagai macam jenis penyakit yang umum diderita masyarakat, jenis-jenis virus, bakteri dan jamur yang menyerang penyakit tertentu, mempelajari anatomi tubuh manusia, tumbuh kembang manusia, kebutuhan dasar manusia, kesehatan reproduksi, bagaimana berkomunikasi dengan pasien secara baik, belajar bagaimana membaca hasil laboratorium, serta cara membuat dokumentasi keperawatan agar mudah dibaca oleh dokter.

Jurusan Asisten Keperawatan salah satu jurusan yang cukup favorit di SMK, ini dibuktikan dengan sekolah yang membuka jurusan Asisten Keperawatan selalu ramai pendaftarnya di musim Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilaksanakan di awal tahun Pelajaran. Jurusan Asisten Keperawatan biasanya di dominasi oleh siswa cewek, walaupun di dominasi oleh siswa cewek bukan berarti kamu yang cowok tidak pas kalau di jurusan Asisten Keperawatan ini.

Jurusan Asisten Keperawatan adalah jurusan yang membutuhkan kesabaran, ketelitian dan penuh kehati-hatian. Kenapa jurusan Asisten Keperawatan perlu kesabaran, ketelitian dan kehati-hatian? Apakah jurusan yang lain tidak membutuhkan itu?. Sebenarnya semua ilmu perlu dipelajari dengan kesabaran, ketekunan, ketelitian serta kehati-hatian. Namun pada jurusan Asisten Keperawatan ini kamu bakalan dituntut untuk dapat memberikan pelayanan keperawatan, ini tidak terlepas dari kesehatan manusia yang memang sangat utama dan tentunya harus teliti, hati-hati dan penuh kesabaran. Keterampilan Dasar Tindakan Keperawatan merupakan hal yang harus dikuasai, kamu harus mampu melakukan tindakan keperawatan untuk kebutuhan dasar manusia.

Kalau di lihat dari Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Asisten Keperawatan ini memang mengarahkan siswanya untuk dapat melakukan pemasaran secara online (daring), oleh karena itu pada jurusan ini dituntut untuk memiliki Keterampilan Dasar Tindakan Keperawatan yang merupakan kebutuhan dasar manusia. Siswa pada jurusan ini juga dituntut untuk dapat melakukan komunikasi keperawatan serta memahami Anatomi Fisiologi.

Lulusan jurusan Asisten Keperawatan bisa bekerja di Rumah Sakit, Klinik, Puskesmas, perusahaan, perkantoran dan instansi kesehatan lainya.  Peluang kerja jurusan Asisten Keperawatan ini cukup besar dan ngga ada habisnya. Untuk kamu yang mau melanjutkan (kuliah) ke Perguruan Tinggi, Jurusan Asisten Keperawatan juga banyak tersebar di Perguruan Tinggi maupun Universitas Negeri maupun Swasta.

Jika melihat dari Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Asisten Keperawatan ini sangat cocok bagi kamu yang akan melanjutkan kuliah di jurusan Kesehatan Masyarakat, Kebidanan, dan jurusan kesehatan lainya. Dasar dasar ilmu Asisten Keperawatan sudah kamu pelajari sewaktu di SMK.

Apa saja sih Mata Pelajaran SMK Jurusan Asisten Keperawatan itu?

Mata pelajaran Asisten Keperawatan adalah mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk Jurusan Asisten Keperawatan.

Asisten Keperawatan merupakan salah satu Kompetensi Keahlian dari Program Keahlian: Keperawatan, dan Bidang Keahlian: Kesehatan dan Pekerjaan Sosial.

Berikut adalah daftar lengkap mata pelajaran Jurusan Asisten Keperawatan.

A. Muatan Nasional
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. Sejarah Indonesia
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*)

B. Muatan Kewilayahan
1. Seni Budaya
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
1. Simulasi dan Komunikasi Digital
2. Fisika
3. Kimia
4. Biologi

C2. Dasar Program Keahlian
1. Konsep Dasar Keperawatan
2. Anatomi Fisiologi
3. Komunikasi Keperawatan
4. Ilmu Kesehatan Masyarakat

C3. Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif)
1. Keterampilan Dasar Tindakan Keperawatan
2. Kebutuhan Dasar Manusia
3. Ilmu Penyakit dan Penunjang Diagnostik
4. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Demikianlah informasi tentang Mata Pelajaran Jurusan Asisten Keperawatan. Adapun Perangkat pembelajaran masing-masing mata pelajaran Asisten Keperawatan tersebut seperti
1. Kompetensi Dasar tiap mata pelajaran;
2. Contoh Silabus;
3. Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); dan
4. Kelompok kompetensi yang dapat dilakukan sertifikasi kompetensi; akan diatur oleh Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Untuk RPP dan Materi (Bahan Ajar) masing-masing mata pelajaran Asisten Keperawatan dapat disusun oleh guru bidang studi (guru pengampu). Untuk buku-buku mata pelajaran Asisten Keperawatan dapat di beli di toko buku terdekat.
 



Posting Komentar untuk "Mata Pelajaran SMK Kesehatan Kompetensi Asisten Keperawatan"