Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instruktur Perawatan Bidang Kesehatan

Instruktur Perawatan Bidang Kesehatan

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan menumbuhkan perkembangan keterampilan keperawatan sebagai profesi. Perawat sebagai tenaga kesehatan tidak terlepas dari pengaruh adanya peningkatan tuntutan dari masyarakat Oleh karena itu pelayanan keperawatan sebagai bagian integral dari pelayanan kesehatan, perlu diupayakan pengembangannya. Pendidikan dan pengembangan keperawatan perlu diarahkan untuk dapat menghasilkan perawat yang memiliki ilmu pengetahuan/ ilmu keperawatan yang mendalam dan menguasai metode ilmiah, serta menerapkannya dalam asuhan keperawatan pada klien, baik sebagai individu, keluarga, dan kelompok masyarakat tertentu.

Apa itu Instruktur Perawatan

Menunjukkan dan mengajarkan perawatan pasien di kelas dan klinis untuk mahasiswa keperawatan. Meliputi guru yang bergerak dalam bidang mengajar dan guru yang melakukan kombinasi pengajaran dan penelitian.

Tugas Instruktur Perawatan

Mengawasi laboratorium siswa dan pekerjaan klinis

Mengevaluasi dan menilai pekerjaan siswa, tugas laboratorium dan klinik, dan makalah

Terus mengikuti perkembangan di lapangan dengan membaca literatur terkini, berdiskusi dengan rekan kerja, dan berpartisipasi dalam konferensi profesional

Merencanakan, mengevaluasi, dan merevisi kurikulum, silabus, materi kursus, dan metode pengajaran

Menyiapkan dan menyampaikan kuliah kepada mahasiswa sarjana atau mahasiswa pascasarjana pada topik-topik seperti farmakologi, perawatan kesehatan mental, dan praktek perawatan kesehatan masyarakat.

Pengetahuan Instruktur Perawatan

Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Pendidikan dan Pelatihan

Pengetahuan tentang prinsip dan metode dalam mendesain kurikulum, pelatihan, pengajaran, dan instruksi untuk individu dan kelompok, serta pengukuran efek pelatihan.

Psikologi

Pengetahuan tentang kinerja dan perilaku manusia; perbedaan kemampuan, kepribadian, dan minat individu; pembelajaran dan motivasi; metode penelitian psikologis; serta penilaian dan pengobatan mengenai gangguan perilaku dan afektif.

Keterampilan Instruktur Perawatan

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Menginstruksi

Mengajar orang lain cara melakukan sesuatu

Strategi Belajar

Memilih dan menggunakan pelatihan/metode instruktusional dan prosedur yang tepat ketika belajar atau mengajar hal yang baru

Berbicara

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

Kemampuan Instruktur Perawatan

Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

Penalaran Induktif - Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).

Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan.

Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

Posting Komentar untuk "Instruktur Perawatan Bidang Kesehatan"