Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengajar Bidang Kesehatan

Pengajar Bidang Kesehatan

Pendidikan kesehatan adalah cabang profesi kesehatan masyarakat yang memiliki akar tiga bidang dasar ilmu, yaitu ilmu perilaku (psikologi, sosiologi dan antropologi), pendidikan dan kesehatan masyarakat. Selain itu juga didukung oleh ilmu-ilmu filsafat, sejarah, humaniora, ilmu politik dan ekonomi.Pengembangan keilmuan dibidang Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku diarahkan kepada teknologi pendidikan dan ilmu perilaku melalui pola-pola pendekatan penelitian dan pengkajian yang mempertimbangkan aspek-aspek sosial budaya masyarakat.

Apa itu Pengajar Bidang Kesehatan

Menyediakan dan mengelola program pendidikan kesehatan yang membantu individu, keluarga, dan komunitas dalam memaksimalkan dan mempertahankan gaya hidup sehat. Seorang pengajar bidang kesehatan dapat berperan sebagai sumber daya untuk membantu individu, pekerja kesehatan lainnya, atau masyarakat, dan dapat mengelola sumber daya fiskal untuk program pendidikan kesehatan.

Tugas Pengajar Bidang Kesehatan

Mengembangkan program pendidikan dan melakukan promosi kesehatan, seperti mengadakan lokakarya pelatihan, konferensi, dan presentasi di sekolah atau komunitas.

Mengembangkan dan memelihara hubungan kerja yang kooperatif dengan lembaga-lembaga dan organisasi yang tertarik dalam perawatan kesehatan masyarakat.

Mengembangkan materi pendidikan dan program untuk lembaga masyarakat, pemerintah daerah, dan pemerintah daerah.

Mempersiapkan dan mendistribusikan materi pendidikan kesehatan berupa laporan, buletin, dan alat bantu visual, seperti untuk menanggulangi kebiasaan merokok, vaksin, dan masalah kesehatan umum lainnya.

Mengawasi staf profesional dan teknis dalam melaksanakan program kesehatan agar sesuai dengan tujuan dan sasaran.

Mengumpulkan dan menganalisis data untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat sebelum melakukan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi program yang dirancang untuk mendorong gaya hidup sehat, kebijakan, dan lingkungan.

Pengetahuan Pengajar Bidang Kesehatan

Administratif

Pengetahuan tentang prosedur dan sistem administratif, seperti mengelolah kata, mengatur dokumen dan catatan, stenografi dan transkripsi, mendesain formulir, serta prosedur dan terminologi kantor lainnya.

Komunikasi dan Media

Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual.

Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Pendidikan dan Pelatihan

Pengetahuan tentang prinsip dan metode dalam mendesain kurikulum, pelatihan, pengajaran, dan instruksi untuk individu dan kelompok, serta pengukuran efek pelatihan.

Keterampilan Pengajar Bidang Kesehatan

Aktif Mendengarkan
Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Berpikir Kritis
Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Persuasi
Membujuk orang lain untuk mengubah pikiran dan perilaku mereka.

Pemahaman Membaca
Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.

Berbicara
Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

Menulis
Mengkomunikasikan dengan efektif melalui tulisan yang sesuai dengan kebutuhan audiens

Kemampuan Pengajar Bidang Kesehatan

  1. Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan
  2. Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan.
  3. Kejelasan Berbicara - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas sehingga orang lain dapat mengerti apa yang dibicarakan.
  4. Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan.
  5. Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide dalam penulisan sehingga orang lain dapat mengerti.

Posting Komentar untuk "Pengajar Bidang Kesehatan"