Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuan Pendidikan SMK Kesehatan

 

Tujuan Pendidikan SMK Kesehatan

Tujuan utama pendidikan kesehatan adalah agar orang mampu menerapkan masalah dan kebutuhan mereka sendiri, mampu memahami apa yg dapat mereka lakukan terhadap masalahnya, dengan sumber daya yg ada pada mereka ditambah dengan dukungan dari luar, dan mampu memutuskan kegiatan yg tepat guna untuk meningkatkan taraf hidup sehat dan kesejahteraan masyarakat (Mubarak, 2009) Tujuan pendidikan menengah kesehatan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut dengan memiliki keseimbangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terpadu dalam kehidupan sehari-hari. Banyak dari kita yang sudah diajarkan pentingnya kesehatan sejak menginjak pendidikan sekolah dasar hingga bangku sekolah menengah atas. Sehingga ketika kita dewasa, kita bisa mengetahui mana yang berguna bagi kesehatan dan mana yang bisa menurunkan kesehatan.

Tujuan Umum Pendidikan Kesehatan

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi agar menjadi warga negara yang berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab.
  3. Mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki wawasan kebangsaan, memahami dan menghargai keanekaragaman budaya bangsa Indonesia.
  4. Mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup, dengan secara aktif turut memelihara dan melestarikan lingkungan hidup serta memanfaatkan sumber daya alam dengan efektif dan efisien.

Tujuan Khusus Pendidikan Kesehatan

  1. Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian yang dipilih.
  2. Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karir, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi dilingkungan kerja dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya.
  3. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni agar mampu mengembangkan diri dikemudian hari baik secara mandiri/kelompok maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  4. Membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan program keahlian yang dipilih.

Tujuan Pendidikan SMK Kesehatan

  1. Mencetak insan yang berakhlak mulia, profesional dan berjiwa sosial di masyarakat.
  2. Menghasilkan calon-calon tenaga ahli yang terampil menjadi mitra yang membantu tenaga profesional.
  3. Mencetak calon tenaga ahli yang memiliki ketrampilan hidup dan mampu berkompetisi serta mampu mengembangkan diri.
  4. Mengembangkan penguasaan pengetahuan yang dicirikan dengan proses mencari tahu untuk mampu menginterprestasikan informasi.
  5. Mengembangkan keterampilan yang dicirikan dengan ketaatan pada prosedur, efisiensi waktu, tindakan yang efektif, akurasi dan teliti.
  6. Mengembangkan kemampuan berfikir kritis yang dicirikan dengan ide baru, mengkaji masalah dengan cara baru dan merencanakan penanggulangan masalah secara sistematis.

Tujuan Program Keahlian Perawat Kesehatan

  1. Menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkangkan sikap kerja dalam lingkup keahlian kerja, memilih tujuan kerja yang mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri serta menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia kerja untuk saat ini maupun masa yang akan datang.
  2. Meyiapkan peserta didik agar menjadi manusi produktif, mampu bekerja dan lowongan pekerjaan yang ada di dunia kerja sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetisi, serta mampu memilih karier, gigih berkompetensi, beradaptasi dengan lingkungan kerja dan mengembangkan sikap dalam bidang keahlian nya.
  3. Memenuhi kebutuhan tenaga perawat berkualitas dan terampil setingkat lulusan SMK.
  4. Membantu pemerintah dalam usaha mengurangi angka pengangguran di usia produktif.

Standar Kompetensi Siswa Lulusan Program Keahlian Keperawatan

  1. Mampu Melakukan komunikasi interpersonal dalam melaksanakan tindakan keperawatan.
  2. Mampu Menerapkan prinsip etik dalam keperawatan.
  3. Mampu Menerapkan prinsip-prinsip infeksi nosokomial.
  4. Mampu Melakukan tindakan pemenuhan kebutuhan kebersihan diri.
  5. Mampu Melakukan tindakan perawatan kebutuhan kebersihan lingkungan.
  6. Mampu Melakukan perawatan setelah klien/pasien meninggal dunia.
  7. Mampu Memasang buli-buli panas dan kirbat es.
  8. Mampu Mengukur tanda-tanda vital (TPRS).
  9. Mampu Membantu BAK dan BAB klien/pasien di tempat tidur.
  10. Mampu Memberi kompres dingin dan hangat
  11. Mampu Memberi makan dan minum klien/pasien melalui mulut.
  12. Mampu Memindahkan klien/pasien dari tempat tidur ke brankard dan sebaliknya.
  13. Mampu Melakukan mobilisasi klien/pasien miring.

Tujuan Kompetensi Keahlian Analis Kesehatan

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik.
  2. Mengajarkan peserta didik agar menjadi warga Negara yang bertanggungjawab.
  3. Melatih pesertadidik agar dapat menerapkan pola hidup sehat, memilikiwawasan, pengetahuan dan seni.
  4. Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam: i).Pemeriksaan urin, faces dan cairan tubuh lainnya. ii). Pemeriksaan hematologi, bakteriologi, parasitologi, dan non patologis. iii). Penganalisaan data hasil pemeriksaan.
  5. Melatih peserta didik agar mampu memilih karier, berkompetisi dan memngembangkan sikap professional dalam kompetensi keahlian analis kesehatan.
  6. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk melanjutkan pendidikan.

Posting Komentar untuk "Tujuan Pendidikan SMK Kesehatan"