Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persyaratan Menjadi Seorang Perawat

 

Persyaratan Menjadi Seorang Perawat

Setelah menyelesaikan pendidikan ilmu keperawatan yang perlu diketahui adalah persyaratan menjadi perawat, sebab Kamu tentu saja ingin langsung bekerja setelah mengambil sumpah perawat, bukan? Untuk menjadi seorang perawat Kamu perlu memenuhi persyaratan berikut:

1. Lulus Sekolah Perawat

Pertama, Kamu tentu harus lulus sekolah perawat dulu. Dengan menyelesaikan pendidikan di sekolah perawat, barulah bisa mendapatkan ijazah sehingga punya izin bekerja sebagai perawat.

2. Tinggi Badan Minimal 150 Cm untuk Perempuan 155 Cm untuk Laki-laki

Selanjutnya, Kamu harus memenuhi persyaratan tinggi badan minimal. Untuk perempuan harus punya tinggi minimal 150 cm dan laki-laki 155 cm. Ini adalah persyaratan dasar menjadi perawat.

3. Tidak Buta Warna

Selanjutnya adalah persyaratan kesehatan mata yaitu tidak boleh memiliki kekurangan dalam penglihatan yaitu tidak buta warna. Seorang perawat harus bisa membedakan warna-warna karena akan sangat diperlukan dalam pekerjaannya.

4. Memiliki STR

STR adalah Surat Tanda Registrasi yang harus dimiliki jika Kamu ingin bekerja sebagai perawat. Surat ini didapatkan setelah lulus pendidikan keperawatan dan kemudian mengikuti ujian kompetensi yang dilakukan serentak dan diselenggarakan MTKI. Proses mendapatkan STR bisa menghabiskan waktu berbulan-bulan dan harus terus diperbaharui setiap beberapa tahun sekali.

5. Tidak Memiliki Riwayat Penyakit Menular

Persyaratan menjadi perawat berikutnya adalah Kamu tidak boleh punya penyakit menular yang dibuktikan dengan mengikuti check up lengkap dari rumah sakit tempat Kamu akan bekerja.

6. Lulus Ujian sebagai Perawat

Selanjutnya, Kamu juga harus lulus ujian tertulis yang diselenggarakan rumah sakit tempat Kamu melamar pekerjaan. Ujian tertulis ini diselenggarakan langsung oleh pihak rumah sakit bagian personalia.

7. Tidak Mudah Merasa Jijik

Kamu juga tidak boleh mudah merasa jijik, karena pekerjaan sebagai seorang perawat akan menemui berbagai penyakit. Melihat orang muntah, luka membusuk, atau berbagai kondisi kurang menyenangkan lainnya sangat mungkin terjadi. Jadi, harus membiasakan diri dengan keadaan tersebut.

8. Bisa Bekerjasama dengan Tim

Sebagai perawat Kamu tidak akan bekerja sendirian melainkan bersama perawat lainnya dan juga dokter, bisa juga melibatkan apoteker atau pekerja bidang kesehatan lainnya sehingga kemampuan bekerjasama dengan tim merupakan hal yang sangat diperlukan.

9. Bisa Bekerja dalam Shift

Seorang perawat akan bekerja dengan shift kerja di sebuah rumah sakit, jadi Kamu harus mempersiapkan diri. Bisa bekerja pada pagi, siang, maupun dari malam hingga ketemu pagi lagi.

10. Mampu dan Mau Menyesuaikan Diri dengan Perkembangan IPTEK

Terakhir, seorang perawat harus punya kemampuan dan kemauan untuk melakukan penyesuaian diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena dunia kesehatan selalu berkembang seiring dengan teknologi sehingga Kamu harus selalu update tentang IPTEK.

Bagaimana, Kamu sudah memenuhi semua persyaratan menjadi perawat di atas? Tenang, jika belum masih bisa mempersiapkannya mulai dari sekarang. Sebab ketika ada niat dan kemauan pasti akan ada jalan.

Posting Komentar untuk "Persyaratan Menjadi Seorang Perawat"