Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sosok Mulia dan Tulus dari Seorang Perawat

Sosok Mulia dan Tulus dari Seorang Perawat

Perawat adalah sosok malaikat, karena dia sungguh berhati mulia dalam membantu dan merawat pasien tanpa memandang apapun status orang tersebut. Dia begitu lembut dan sabar saat berinteraksi dengan pasien. Dia menolong pasien tanpa pamrih. Setiap sentuhan lembut tangannya bagaikan obat yang mengalir ke setiap pembuluh darah dalam tubuh. Keikhlasan hatinya seakan membuat semangat jiwa setiap orang yang sakit. Keramahan kata-katanya membuat keinginan pasien untuk segera lekas sembuh.

Di tengah pandemi COVID-19, masyarakat dihimbau untuk menerapkan physical distancing menjaga jarak satu dengan yang lain. Tetapi bagi perawat, ia tak gentar menangani langsung para pasien terinfeksi COVID-19. Bagi perawat ini adalah misi kemanusiaan dan ia selalu siap menjadi garda terdepan dalam situasi apapun.

Mungkin Anda takut menjadi perawat, padahal saat bertugas ia selalu dilengkapi dengan APD (Alat Pelindung diri) yang dapat melindunginya agar terhindar dari risiko tertular. Tidak hanya saat pandemi global seperti ini perawat sangat dibutuhkan, karena sampai kapanpun perawat adalah pejuang kesehatan. Dunia membutuhkan Anda, dunia membutuhkan perawat.

Keragaman Profesi yang Dapat Dilakukan oleh Seorang Perawat

Prospek kerja jurusan ilmu keperawatan umumnya memang terfokus pada dunia kesehatan dan bekerja di rumah sakit, puskesmas, ataupun klinik. Namun sebenarnya, lulusan keperawatan memiliki peluang besar untuk menjalani karier, tidak hanya sebatas di lingkungan rumah sakit saja. Berikut ini adalah contoh peluang kerja lainnya yang terbuka untuk lulusan keperawatan :

1. Perawat Homecare

Seorang perawat yang melakukan pelayanan kesehatan di rumah pasien dapat diistilahkan sebagai perawat homecare.  Pelayanan yang diberikan berupa pelayanan kesehatan lanjutan dari rumah sakit atau biasa disebut dengan rawat jalan. Perawat homecare juga  dapat menerima permintaan pasien yang ingin mendapatkan pelayanan medis di rumah, contohnya perawatan untuk pasien stroke atau perawatan pasca persalinan.

2. Petugas Asuransi

Dengan memiliki latar belakang dunia kesehatan, perawat juga dapat memanfaatkan dunia asuransi. Lulusan keperawatan dapat menjadi salah satu staf asuransi seperti bagian klaim yang bertugas untuk menganalisis klaim mengenai kecelakaan dan kesehatan, hingga membuat laporan klaim yang akurat. Selain itu, mengkaji ulang klaim yang telah diproses oleh bagian analis serta memberikan pandangan medis sebagai dasar pemrosesan suatu kasus.

3. Klinik Kecantikan

Di klinik kecantikan, para perawat dapat bekerja sama dengan dokter spesialis kulit dan kecantikan untuk memberikan perawatan kepada para pasien.  Tugas perawat di sini adalah menyiapkan obat yang diperlukan pasien, menindaklanjuti perawatan yang telah diinstruksikan dokter, dan bekerja pada bagian pendaftaran pasien.

4. Instansi Pemerintah

Lulusan keperawatan mempunyai kesempatan besar untuk bekerja di instansi pemerintah, seperti di kantor BPJS pada bagian analisa, departemen kesehatan untuk penempatan di dinas kesehatan, rumah sakit, dan puskesmas.

5. Caregiver

Seorang perawat yang memberikan pelayanan medis kepada pasien lanjut usia atau lansia dapat disebut dengan istilah caregiver. Pelayanan caregiver ini tidak hanya terbatas di rumah pasien saja melainkan juga dapat dilakukan di panti jompo.

6. Dosen

Bagi lulusan S1 Keperawatan dapat melanjutkan jenjang pendidikan ke S2 Keperawatan untuk menjadi tenaga pengajar profesional. Banyak peluang besar untuk menjadi dosen di Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta.

Kebanggaan Saat Menjadi Seorang Perawat

Selama menjalani profesi sebagai perawat, Anda akan merasakan pentingnya rasa bersyukur setiap hari. Ya bersyukur atas nikmat kesehatan yang telah diberikan oleh Tuhan. Di luar sana, perawat banyak melihat pasien yang harus berjuang untuk sehat atau bahkan berjuang untuk tetap hidup. Setiap hari mereka melihat betapa mahalnya kehidupan dan betapa mahalnya kesehatan.

Selain bersyukur, menjadi perawat mengajarkan arti sebuah ketulusan, ketulusan merawat seseorang yang bukan siapa-siapa kita bahkan tidak kita kenal. Perawat berusaha ikhlas dan tulus merawat pasien dan berharap semoga mereka dapat kembali sehat dan berkumpul bersama keluarga mereka. Percayalah, sebuah kalimat, “Terima kasih, Sus. Hanya Allah yang mampu membalas,” terasa begitu menggetarkan bagi seorang perawat. Harapannya hanya satu semoga ketulusan yang diberikan diterima Tuhan sebagai ibadahnya.

Sadar akan bergitu besar dan mulianya peran perawat dalam proses kesembuhan pasien seperti penjelasan di atas, maka profesi ini sangat  dibutuhkan di mana pun dan di seluruh dunia. Sebagai seorang perawat yang mencintai pekerjaannya butuh pengorbanan, kerja keras, semangat dan mau belajar dalam mengembangkan dirinya.

Posting Komentar untuk "Sosok Mulia dan Tulus dari Seorang Perawat"