Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahapan Menjadi Perawat

 

Tahapan Menjadi Perawat

Bagaimana tahapan menjadi perawat? Mungkin pertanyaan ini seringkali muncul di kepala Kamu, terutama jika punya cita-cita menjadi perawat. Menjadi perawat memang tidak Kamu bisa instan, ada tahapan yang perlu dilalui agar Kamu bisa mendapatkan titel perawat dan bekerja di bidang yang sesuai. Ini dia tahapan-tahapan yang harus Kamu lalui:

1. Lulusan SMA Jurusan IPA

Pertama-tama Kamu harus menyelesaikan pendidikan SMA terlebih dahulu dan harus jurusan IPA jika ingin masuk ke akademi atau fakultas negeri. Namun, apabila masuk ke swasta Kamu bisa dari lulusan SMA jurusan IPS atau SMK.

2. Masuk Akademi atau Fakultas Ilmu Keperawatan di Perguruan Tinggi

Kemudian Kamu harus mempersiapkan diri masuk ke fakultas keperawatan di perguruan tinggi atau Kamu bisa memilih masuk akademi keperawatan. Untuk akademi keperawatan waktu belajarnya adalah 3 tahun dan gelarnya adalah Ahli Madya Keperawatan. Sedangkan jika mengambil kuliah di fakultas ilmu keperawatan masa pendidikannya adalah 4 tahun dan mendapatkan gelar S1.

3. Lulus D3 atau S1 Perawat

Setelah masuk ke jurusan keperawatan, Kamu harus menyelesaikan masa pendidikan tergantung dari jenis sekolah atau pendidikan yang dimasuki. Selama masa pendidikan Kamu akan menjalani dua macam perkuliahan, yaitu perkuliahan teori di ruang kelas dan praktik di rumah sakit. Setelah itu, barulah Kamu bisa mendapatkan ijazah sebagai perawat.

4. Mengikuti Pengambilan Sumpah Perawat

Sebelum mendapatkan ijazah Kamu akan melewati pengambilan sumpah perawat yang sering disebut juga malam pengukuhan. Di mana Kamu akan mengucapkan sumpah untuk menjadi seorang perawat yang tulus dan ikhlas membantu orang lain.

5. Melanjutkan Pendidikan S1 Keperawatan

Tahapan menjadi perawat selanjutnya bagi mereka yang berasal dari lulusan akademi keperawatan, Kamu bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat strata 1 dengan melanjutkan pendidikan S1 Keperawatan.

6. Mengambill Pendidikan Profesi Ners

Jika sudah lulus S1 Keperawatan dapat melanjutkan pendidikan profesi selama 2 tahun dan mendapatkan gelar Ners. Gelar ini akan membuat Kamu diakui sebagai seorang perawat profesional. Sedangkan jika hanya D3 atau S1 disebut perawat vokasional.

7. Mendapatkan STR

Setelah semua proses pendidikan yang memakan waktu pendidikan selama 6 tahun tadi, Kamu harus mengikuti uji kompetensi perawat yang diselenggarakan serentak seluruh Indonesia setiap tahun. Jika berhasil lulus barulah mendapatkan STR.

STR ini merupakan singkatan dari Surat Tanda Registrasi, yaitu surat izin perawat yang harus dimiliki apabila Anda ingin bekerja sebagai perawat profesional, terutama yang bekerja dalam tim keperawatan atau membuka praktik sendiri.

Kesimpulannya, pendidikan menjadi perawat prosesnya cukup panjang, hingga Kamu bisa jadi perawat profesional butuh setidaknya 6 tahun masa belajar. Masa yang cukup panjang, bukan? Namun, jika itu adalah mimpi Kamu, maka apapun hambatannya tetap Kamu bisa diatasi. Setelah melewati tahapan menjadi perawat tersebut, barulah Kamu benar-benar menjadi seorang perawat.

Posting Komentar untuk "Tahapan Menjadi Perawat"