Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Kesehatan Dan Fungsinya

 

Alat Kesehatan Dan Fungsinya

Daftar alat - alat kesehatan rumah sakit beserta gambar dan penjelasanya.

16. Mesin Anestesi (Anesthesia Machine)

Mesin Anestesi (Anesthesia Machine)


Mesin Anestesi adalah satu alat yangs cukup berat dan sangat vital sekali fungsinya. Alat ini berperan penting saat proses operasi berlangsung. Mesin Anestesi berfungsi untuk mengatur pemberian zat atau obat penghilang kesadaran pada saat proses pembedahan akan dilakukan. Alat ini terkadang  digabungkan dengan beberapa alat medis lain seperti alat ventilator. Alat ini merupakan salah satu alat kesehatan yang memiliki harga yang mahal dibandingkan dengan unit lainnya. 

17. Dental Unit

Dental Unit


Dental Unit adalah seperangkat alat medis lengkap yang secara khusus didesain untuk bisa berfungsi melakukan pemeriksaan dan perawatan kesehatan gigi dan mulut. Satu set alat dental unit terdiri dari berbagai macam komponen seperti beja dental, kursi dental, monitor, lampu tindakan, kompresor, unit pembuangan air, dan lain sebagainya. Anda akan melihat alat ini ketika anda memeriksakan gigi anda di pusat layanan medis baik itu puskesmas atau klinik gigi.

18. Instrumen Dental

Instrumen Dental


Ada Dental Unit ada juga Dental Instrumen. Apa itu Dental Instrumen ? Yaitu sebuah peralatan kedokteran gigi yang berfungsi sebagai penunjang dalam proses pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut di rumah sakit. Ada banyak sekali macam dental instrumen seperti kaca mulut, scaler gigi, pinset gigi dan lain sebagainya.

19. Unit X- Ray

Unit X- Ray


Memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan alat USG. Sama – sama berfungsi untuk mencitrakan bagian dalam tubuh, namun alat ini memanfatkan sifat dari sinar-x atau disebut dengan sinar rongsen (Rontgen). Alat ini bekerja dengan cara menembus bagian tubuh manusia untuk mengcapture seperti proses fotografi. Namun sedikit kelemahan pada alat X- Ray yaitu, tidak boleh dilakukan secara terus – mensrus. Hal ini karena sinar-x merupakan unsur radio aktif yang cukup berbahaya bagi tubuh manusia, terlebih lagi apabila terpapar dalam jumlah yang banyak.

20. Nebulizer (Alat Uap)

Nebulizer (Alat Uap)


Bagi anda yang memiliki penyakit asma biasanya sangat mengenal alat ini. Nebulizer sebenarnya bukan alat bantu pernafasan, namun alat ini berfungsi untuk mengubah obat cair menjadi uap sehingga langsung dapat dihirup oleh penderita gangguan penapasan langsung menuju saluran pernafasan yang terganggu. Alat ini berperan dalam mempercepat proses penyembuhan gangguan pernafasan. 

21. Tabung Oksigen

Tabung Oksigen


Tabung Oksigen merupakan wadah untuk menyimpan persediaan Oksigen di rumah sakit. Oksigen ini berfungsi untuk pemberian Oksigenasi pada pasien yang membutuhkan tambahan oksigen dalam kondisi darurat. Untuk mengambil oksigen dari tabung, dibutuhkan beberapa instrument lain yaitu regulator oksigen dan juga selang oksigen berfungsi untuk menghubugkan tabung oksigen dan saluran pernafasan pasien. 

22. Regulator Oksigen

Regulator Oksigen


Sebelumnya kita sudah membahas tentang tabung oksigen dan sedikit sudah disinggung tentang regulator oksigen. Inilah regulator oksigen, berfungsi untuk mengatur laju keluarnya gas oksigen dari tabung menuju saluran pernafasan pasien agar tidak terlalu kencang dan tidak terlalu lambat. 

23. Alat Kejut Jantung (Defibrillator)

Alat Kejut Jantung (Defibrillator)


Sekarang kita kembali pada alat kesehatan dari jenis elektromedik. Defibrillator atau serring juga disebut dengan alat kejut jantung. Merupakan alat kesehatan yang berfungsi untuk mengembalikan irama jantung yang tidak normal karena gangguan pada jantung. Orang yang tenggelam, shock karena kecelakaan, dan karena serangan jantung biasanya mengalami gangguan semacam ini. Kondisi yang umum perlu ditolong dengan menggunakan alat ini adalah fibrilasi ventrikel. Defibrillator bekerja dengan memberikan stimulus energi listrik dengan jumlah tertentu yang akan mengejutkan jantung sehingga jantung berhenti sesaat kemudian memulai detaknya dengan normal.

24. EKG/ECG ( Alat Elektrokardiografi )

EKG/ECG ( Alat Elektrokardiografi )


Untuk melengkapi bahasan kita mengenai 50 alat kesehatan dan fungsinya ada baiknya kita juga membahas alat yang satu ini. ECG atau EKG merupakan alat medis yang juga berhubungan dengan jantung. Fungsinya yaitu untuk merekam kelistrikan otot jantung untuk kemudian menganalisa ada atau tidaknya gangguan irama jantung pada pasien. ECG terdiri dari 10 elektroda yang ditempelkan ke dada pasien untuk mengambil atau merekam aktifitas otot jantung dalam bentuk tegangan listrik dalam bentuk 12 macam gelombang.

25. Electrosurgical Unit (ESU)

Electrosurgical Unit (ESU)


Mari kita lanjutkan bahasan tentang alat kesehatan dan fungsinya dengan mengetahui alat ini. Nama lain untuk alat kesehatan yang satu ini diantaranya Electrocauter atau Electrosurgery. Adalah sebuah alat medis yang dilengkapi dengan alat pemotong elektronik dengan tenaga listrik. ESU (Electrosurgical Unit) berfungsi untuk pembedahan pada jaringan kulit pada saat operasi. Keunggulan menggunakan alat ini adalah dapat mengurangi keluarnya darah yang dapat mengganggu jalannya proses operasi.

26. Patient Monitor (Alat Monitor Kesehatan Pasien)

Patient Monitor (Alat Monitor Kesehatan Pasien)


Pasien Monitor merupakan salah satu alat kesehatan yang terdapat di dalam ruang ICU (Intensive Care Unit). Alat ini berfungsi untuk memantau kondisi fisiologis kesehatan pasien secara langsung dan terus menerus dengan tampilan layar monitor. Parameter kondisi kesehatan yang bisa dipantau atau diamati dengan alat ini diantaranya Grafik EKG, detak jantung, tekanan darah, suhu tubuh, kadar oksigen dalam darah dan beberapa lagi yang lainnya.

27. Hematology Analyzer (Alat Uji Hematologi)


Hematology Analyzer merupakan satu alat kesehatan yang cukup penting di sebuah rumah sakit dan klinik. Alat ini berfungsi untuk menganalisa sel – sel darah meliputi jumlah dan juga kondisinya. termasuk ke dalam golongan alat diagnostik in vitro yang memiliki fungsi khusus sebagai alat analisa guna membantu diagnosa dokter tentang satu penyakit apa yang kemungkinan diderita oleh pasien. Alat ini umumnya berada di laboratorium baik di rumah sakit ataupun klinik.

28. Chemistry Analyzer (Alat Uji Kimia Darah)


Selain Hematology ada juga Chemistry Analyzer atau disebut juga dengan istilah Photometer yang diambil dari prinsip kerja alat ini. Photometer berfungsi untuk menganalisa zat – zat kimia yang terkandung dalam darah seperti kadar glukosa, kolesterol, asam urat, enzim liver dan lain sebagainya. Dari pemeriksaan ini dapat diketahui berapa kadar zat – zat tersebut di dalam darah. Sample yang digunakan dalam pemerikisaan adalah serum darah, bukanlah darah murni melainkan serum yang dibuat dari darah murni dengan cara tertentu.

29. Centrifuge

Centrifuge


Centrifug sebenarnya bukan alat yang berhubungan langsung dengan kesehatan. Namun alat ini digunakan sebagai penunjang yang penting dalam laboratorium kesehatan. Fungsi centrifuge yaitu untuk memisahkan komponen atau partikel zat yang terlarut. Dengan prinsip gaya Centrifugal alat ini bisa mengumpulkan partikel yang masanya lebih berat di bagian bawah tabung dan partikel dengan masa lebih ringan berada di atasnya. Aplikasi alat ini di laboratorium klinik untuk memisahkan serum dari darah murni pada pembuatan sample pemeriksaan photometri.

30. EEG (Electroencepalograph)

EEG (Electroencepalograph)


EEG atau Electoencephalograph merupakan alat kesehatan yang berfungsi untuk merekam dan memeriksa aktifitas kelistrikan otak. EEG menggunakan prinsip emisi dan transmisi ultrasound pada kisaran frekuensi 2 hingga 15 MHz. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi saraf yang ada di kepala. Sejauh ini pemeriksaan EEG tidak menimbulkan efek samping karena menggunakan gelombang suara ultra yang notabene non radioaktif.

50 Daftar Alat Kesehatan Selanjutnya: Hal 1Hal 2Hal 3.

Posting Komentar untuk "Alat Kesehatan Dan Fungsinya"