Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Alat Kesehatan dan Fungsinya

 

Daftar Alat Kesehatan dan Fungsinya

Daftar alat - alat kesehatan rumah sakit beserta gambar dan penjelasanya.

31. Lampu Operasi

Lampu Operasi


Memang ada beberapa alat kesehatan yang tidak langsung berhubungan dengan penyakit ataupun langsung berhubungan dengan tindakan medis. Contohnya alt yang satu ini. Lampu Operasi, pada dasarnya berfungsi untuk memberikan penerangan di dalam ruang operasi pada saat tim dokter sedang melakukan tindakan operasi pada pasien. Lampu Operasi memiliki didesain yang cukup komplek dengan berbagai macam pengaturan dan posisi yang bisa diubah – ubah sesuai dengan keinginan penggunanya.

32. Lampu Periksa (Examination Lamp)

Lampu Periksa (Examination Lamp)


Sebagaimana lampu Operasi yang baru saja kita bahas, lampu ini juga didesain secara khusus agar dapat digunakan dengan mudah. Lampu ini Memiliki fungsi yang sama dengan lampu operasi yaitu berindak sebagai alat penerangan pada saat pemeriksaan fisik. Ada dua macam jenis lampu periksa ini . Jenis halogen dan yang lainya jenis LED yang tidak panas. 

33. Lampu Terapi

Lampu Terapi


Lampu ini merupakan lampu yang didesain khusus bisa memancarkan gelombang infra merah. Sinar Infra merah berbeda dengan cahaya yang keluar dari lampu pijar pada umumnya. Infra merah memiliki energi yang lebih tinggi sehingga ketika anda terkena radiasinya tubuh kita akan terasa hangat. Sensasi hangat inilah yang digunakan oleh manusia untuk terapi pada bagian tubuh yang sakit atau kaku.

34. Autoclave (Alat Sterilisasi Uap)

Autoclave (Alat Sterilisasi Uap)


Diantara sekian banyak jenis alat kesehatan, terdapat golongan alat – alat sterilisasi. Salah satunya adalah Autoclave yang merupakan alat sterilisasi (sterilisator) menggunakan metode uap panas bertekanan. Autoclave umumnya terbuat dari material stainless steel yang dilengkapi dengan elemen pemanas didalamnya. Autoclave dinilai sebagai alat sterilisasi yang paling efektif karena dapat membasmi mikroorganisme hingga pada tingkat sporanya.

35. Sterilisator Kering (Dry Heat Sterilizer)

Sterilisator Kering (Dry Heat Sterilizer)


Dry Heat Sterilizer atau sering dikenal dengan istilah sterilisator kering, adalah alat sterilisasi yang bekerja dengan metode radiasi sinar inframerah dengan temperatur tinggi. Karena proses pemanasannya bersifat oksidasi dan tidak membutuhkan air, itu sebabnya alat ini dinamakan sterilisator kering. Alat ini cocok digunakan untuk mensterilisasi alat – alat kesehatan yang terbuat dari logam yang tidak tajam atau peralatan dari kaca dan kramik.

36. Lampu UV Sterilisasi


Salah satu metode sterilisai fisik selain pemanasan ada juga dengan penyinaran. Alat sterilisasi ini dirancang secara khusus untuk mensterilisasi ruangan. Contohnya ruangan di rumah sakit seperti ruang ICU, Kamar Operasi, Ruangan NICU dan lain sebagainya. Alat sterilisasi ini menggunakan sinar UV (Ultraviolet) dengan panjang gelombang tertentu yang dapat menghancurkan fisik bakteri yang berada di udara. Selain ruangan, alat ini juga dapat digunakan untuk mensterilkan air.

37. Fetal Doppler

Fetal Doppler


Fetal doppler merupakan satu alat kesehatan yang berfungsi untuk mendeteksi dan menghitung detak jantung janin di dalam kandungan. Alat ini juga digunakan dalam oleh bidan atau dokter untuk melakukan pemantauan terhadap kondisi kesehatan janin dalam kandungan dari hari ke hari hingga masa kelahirannya tiba. Fetal doppler bekerja dengan memanfaatkan gelombang suara ultra sehingga tidak berbahaya meskipun berkali – kali digunakan.

38. Fetal Monitor (CTG)

Fetal Monitor (CTG)


Sebenarnya tidak berbeda jauh dengan fetal doppler, hanya saja, alat ini lebih kompleks dan bisa lebih detail lagi dalam hal analisa. Lebih canggih dalam pemantauan kondisi kesehatan janin, tidak hanya untuk  mendeteksi detak jantung dan menghitungnya, namun juga menanalisa dan menampilkannya dalam bentuk grafik di layar. Alat ini cukup bagus apabila dipadukan dengan alat lainnya untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.

39. Pulmonary Resuscitator (Ambubag)

Pulmonary Resuscitator (Ambubag)


Dalam istilah medisnya alat ini dikenal dengan nama Pulmonary Resuscitator, namun alat ini juga dikenal dengan istilah ambubag. Dalam bahasan 50 alat kesehatan dan fungsinya yang sedang kita bahas ini. Ambubag termasuk ke dalam kategori alat bantu pernapasan. Bagi anda yang belum pernah melihatnya, anda bisa lihat gambarnya di bagian atas. Fungsi alat ini adalah untuk bantuan nafas dalam kondisi tertentu seperti pada saat pemberian tindakan RJP (Resusitasi Jantung Paru).

40. Ventilator

Ventilator


Ventilator juga merupakan satu alat yang masih berhubungan dengan alat bantu pernapasan. Alat ini memiliki fungsi yang jauh lebih kompleks lagi dari alat bantu pernafasan lainnya. Ventilator adalah sebuah alat medis yang berfungsi menggantikan sebagian atau seluruh fungsi kerja paru – paru. Alat ini dilengkapi dengan sistem kontrol mikrokomputer yang dapat bekerja dengan setingan pengguna. Sehingga dapat dikonfigurasi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien. 

41. Alat Bantu Dengar (Hearing Aid)

Alat Bantu Dengar (Hearing Aid)


Diantara begitu banyak alat medis yang berfungsi sebagai alat bantu, ada juga alat kesehatan yang berfungsi sebagai alat bantu dengar. Dalam bahasa medis alat ini dikenal dengan istilah Hearing Aid. Fungsi alat ini yaitu untuk membantu pendengaran bagi orang yang memiliki gangguan pendengaran. Terdapat beberapa jenis alat bantu dengar yang umumnya dijual dipasaran yaitu BTE, ITE, ITC. Cara kerja alat ini adalah dengan memperkuat suara sehingga orang dengan gangguan pendengaran dapat mendengar dengan baik. 

42. Oxygen Concentrator

Oxygen Concentrator


Di bagian atas kita sudah membahas beberapa macam alat kesehatan yang berfungsi untuk alat bantu pernapasan. Demikian juga dengan alat yang satu ini. Oxygen Concentrator berfungsi untuk suplay oksigen murni yang bisa langsung digunakan oksigenasi.

Berbeda dengan tabung oksigen, Oxygen Concentrator adalah sebuah mesin yang dapat menghasilkan oksigen sendiri dengan cara mengambil udara disekitar kemudian mengkonsentrasikannya menjadi oksigen murni. Untuk tingkat kemurniannya bisa mencapai 95%.

Selain digunakan sebagai alat oksigenasi, alat ini juga baik diguakan untuk terapi oksigen bagi orang dalam masa pemulihan, lansia ataupun yang membutuhkan banyak oksigen murni.

43. Syringe Pump

Syringe Pump


Di bagian muka kita sudah pernah membahas alat medis dengan nama yang mirip yaitu “Syringe” meskipun sama – sama menggunakan istilah “syringe” namun keduanya sedikit berbeda. Diatas kita sudah bahas syringe disposable. Sedangkan untuk yang ini Syring Pump. Memang keduanya berkaitan. Syrine pump merupakan pompa elektronik digital yang berfungsi untuk mengatur laju keluarnya cairan dari alat suntik “syringe disposable” sehingga volume dan waktunya bisa diseting sesuai dengan kebutuhan.

44. Infus Pump

Infus Pump

Seperti halnya dengan Syringe Pump, Infus Pump juga merupakan satu alat kesehatan yang berupa pompa elektronik. Namun alat ini berfungsi untuk mengatur laju aliran cairan infus dari alat infus manual. Kedua alat tersebut sama – sama dilengkapi dengan sitem dan sensor mekanik elektronik yang diatur dengan mikro komputer digital sehingga konfigurasinya cukup mudah sangat canggih. Umumnya alat tersebut digunakan di unit perawatan intensif seperti di ruang ICU atau NICU.

45. Puls Oxymeter

Puls Oxymeter


Alat kesehatan yang kecil ini dinamakan puls oximeter atau juga finger pulse oximeter. Alat ini berfungsi untuk mengukur kadar oksigen dalam darah atau dalam dunia kesehatan dikenal dengan istilah saturasi oksigen. Pulse Oximeter dikenakan pada jari pasien (dijepitkan) pada jari pasien pada saat digunakan untuk memeriksa dan memantau kondisi saturasi oksgien, oleh sebab itu menggunakan istilah “finger oximetrty”. Alat ini dilengkapi dengan layar, untuk menampilkan hasil pengukuran dalam bentuk prosesntase.

46. Syringe Distroyer (Penghancur Jarum Suntik)

Syringe Distroyer (Penghancur Jarum Suntik)


Alat ini tergolong alat penunjang medis, karena tidak langsung berhubungan dengan proses perawatan pasien atau membantu kesembuhan pasien secara langsung. Namun demikian alat ini penting untuk digunakan di rumah sakit. Syringe Distroyer adalah alat atau mesin yang berfungsi untuk menghancurkan jarum suntik ketika akan dibuang. Alat ini berkaitan dengan limbah rumah sakit yang tidak boleh dibuang sembarangan.

47. Catgut ( Benang Operasi )

Catgut ( Benang Operasi )


Benang Operasi, bukanlah satu alat medis yang asing ditelinga kita. Alat in cukup familiar dan tidak begitu sulit ditemukan di rumah sakit atau klinik. Benang Operasi atau terkadang disebut dengan benang jahit adalah alat medis yang berfungsi untuk menjahit bagian tubuh yang terbuka lebar. Dalam kasus – kasus tertentu dimana luka terlalu lebar, maka perlu direkatkan dengan benang operasi agar cepat menyatu dan tidak mengurangi resiko infeksi.

48. Cairan Desinfektan (Antiseptik)

Cairan Desinfektan (Antiseptik)


Desinfectan atau antiseptik juga termasuk alat kesehatan. Cairan ini termsauk dalam kategori bahan habis pakai. Kebanyakan orang pasti sudah mengetahui untuk apa alat ini. Benar, desinfectan berfungsi untuk membersihkan tangan dan juga membersihkan alat – alat medis dari kotoran fisik dan juga sebagai anti bakteri.

49. Reagen

Reagen


Reagen juga termasuk ke dalam alat – alat kesehatan. Namun alat ini termasuk bagian dari alat lain. Reagen berupa sebuah cairan yang  dibuat secara khusus untuk dapat direaksikan dengan sample sehingga dapat diamati. Reagen digunakan bersama dengan alat seperti Hematology Analyzer, Chemistry Analyzer dan juga beberapa alat analyzer lainnya. Reagen ini memiliki umur kadaluarsa, dan harus disimpan di dalam freezer dalam kondisi sejuk. 

50. Kapas & Kasa Pembalut

Kapas & Kasa Pembalut


Kapas dan kasa, tentunya anda semua sudah sangat familiar denganya. Bukan hanya alat kesehatan, tapi juga memiliki banyak fungsi. Kasa dan kapas termasuk alat kesehatan disposable yang dengan kebutuhan yang cukup banyak di rumah sakit atau klinik. Kapas berfungsi untuk membersihkan luka, juga berfungsi untuk meletakkan obat luka sedangkan kasa berfungsi untuk membalut luka. Kapas dan kasa dapat berfungsi secara bersamaan dalam proses perawatan luka. 

Demikianlah pembahasan 50 alat kesehatan dan fungsinya. Tentunya macam alat kesehatan tidak hanya berjumlah 50 saja. Bahasan ini hanya sebagian kecil dari contoh alat kesehatan yang ada di rumah sakit atau klinik. Sekian, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita sekalian. 

50 Daftar Alat Kesehatan Selanjutnya: Hal 1Hal 2Hal 3.

Posting Komentar untuk "Daftar Alat Kesehatan dan Fungsinya"