Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jurusan Asisten Keperawatan

 

Jurusan Asisten Keperawatan

Program Studi Asisten Keperawatan merupakan program studi yang secara khusus membekali peserta didik dalam ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam bidangnya. Dalam hal ini pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja sesuai dengan standar kompetensi keperawatan.

Di dunia kesehatan, perawat penting mulai dari upaya pencegahan sampai pemulihan masalah kesehatan. Tidak hanya itu, perawat juga berperan dalam berbagai situasi mulai dari bencana, gawat darurat, dan hingga melakukan perawatan dengan pendekatan multibudaya.

Tugas utama perawat adalah memberi layanan kepada pasien dengan tindakan keperawatan yang sesuai dengan jenis penyakit yang dideritanya karena setiap pasien dengan penyakit tertentu akan berbeda perlakuannya dengan pasien dengan penyakit lainnya. 

Karena itu, peserta didik SMK jurusan Keperawatan tidak hanya mempelajari bagaimana merawat pasien, melainkan juga mempelajari berbagai macam jenis penyakit yang umum diderita masyarakat, jenis-jenis virus, bakteri dan jamur yang menyerang penyakit tertentu, mempelajari anatomi tubuh manusia, tumbuh kembang manusia, kebutuhan dasar manusia, kesehatan reproduksi, bagaimana berkomunikasi dengan pasien secara baik, belajar bagaimana membaca hasil laboratorium, serta cara membuat dokumentasi keperawatan agar mudah dibaca oleh dokter.

Keunggulan Jurusan Asisten Keperawatan:

  • Memiliki keahlian di bidang merawat pasien, bayi, dewasa dan lansia.

  • Berkesempatan menjadi tenaga asisten keperawatan di puskesmas, klinik atau rumah sakit.

  • Berkesempatan menjadi tenaga care giver di luar negeri.

  • Memiliki laboratorium keperwatan yang memadahi.

  • Mendapatkan pengalaman praktek kerja di puskesmas, klinik atau rumah sakit.

Mengapa Harus Memilih Asisten Keperawatan?

Karena saat ini banyak tempat pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit, Klinik, Praktek Dokter yang baru didirikan hampir diseluruh wilayah Indonesia, guna mendukung program pemerintah saat ini yaitu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia dan Mencegah Terjadinya Penyebaran penyakit. Maka dari itu setiap tempat pelayanan kesehatan baru, pasti akan merekrut tenaga kesehatan terutama perawat baru yang mampu memahami bidang kesehatan. 

Ini merupakan suatu peluang yang sangat bagus bagi lulusan SMK Keperawatan yang sudah tersertifikasi dan kompeten dalam bidang keperawatan untuk bekerja menjadi asistensi tenaga kesehatan keperawatan di Rumah Sakit. Peran perawat dalam dunia kesehatan memiliki peranan yang sangat penting, sebagai perawat kita dituntut untuk mampu melakukan komunikasi terapeutik kepada pasien, melakukan upaya pencegahan sampai pemulihan masalah kesehatan pada individu, keluarga dan masyarakat, perawat juga memiliki peranan dalam mengatasi situasi mulai dari bencana, gawat darurat, hingga perawatan dengan pendekatan tertentu.

Tujuan Program Studi Asisten Keperawatan

  • Membekali peserta didik dalam memasuki dunia kerja, sehingga dapat mengembangkan sikap dan kompetensi terutama dalam pelayanan dasar keperawatan khususnya kebutuhan dasar manusia.

  • Memiliki daya saing dan mengembangkan diri menjadi tenaga kesehatan yang berkompeten untuk memasuki kebutuhan dunia kerja untuk saat ini dan masa yang akan datang.

  • Kompetensi keperawatan mempersiapkan peserta didik menjadi tenaga yang siap kerja, berkualitas dan kompeten dalam melakukan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

  • Usaha membantu pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan pada masyarakat.

  • Kompetensi asisten keperawatan akan membekali siswa pengetahuan mengenai bagaimana cara merawat individu, keluarga ataupun masyarakat sesuai dengan standar keperawatan menjadi tenaga siap kerja yang berkompeten dan bisa profesional.

Standar Kompetensi Lulusan Program Studi Asisten Keperawatan

  1. Mampu Melakukan Komunikasi Interpersonal Dalam Melaksanakan Tindakan Keperawatan
  2. Mampu Menerapkan Prinsip Etika, Etiket Dalam Keperawatan
  3. Mampu Menerapkan Prinsip Infeksi Nosokomial
  4. Mampu Mengganti Linen Dengan Pasien Diatas Tempat Tidur
  5. Mampu Pengukuran Tanda-Tanda Vital
  6. Mampu Memasang Buli-Buli Panas
  7. Mampu Memberi Kompres Hangat
  8. Mampu Memberi Kompres Dingin Kepada Pasien
  9. Mampu Memasang Kirbat Es
  10. Mampu Melakukan Perawatan Pasien Meninggal Dunia
  11. Mampu Membantu Pasien Memotong Kuku
  12. Mampu Membantu Pasien Menggosok Gigi
  13. Mampu Membantu Pasien Mencuci Rambut
  14. Mampu Membantu Memandikan Pasien
  15. Mampu Membantu Pasien Bak Dan Bab Diatas Tempat Tidur
  16. Mampu Melakukan Perawatan Perineum
  17. Mampu Membantu Pasien Duduk Di Tempat Tidur
  18. Mampu Memindahkan Pasien Dari Tempat Tidur Ke Kursi Roda
  19. Mampu Membersihkan Peralatan Keperawatan
  20. Mampu Memindahkan Pasien Dari Kursi Roda Ke Tempat Tidur

SMK Kesehatan Muhammadiyah Bireuen sudah bekerjasama dengan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) yang telah diakui. Sebagai pendukung dalam dunia kerja bahwa peserta didik sudah tersertifikasi.

Peluang Kerja dan Bidang Kerja serta Peluang Studi Lanjut Lulusan Program Keahlian Asisten Keperawatan

  • Menjadi seorang wiraswasta dalam bidang pelayanan kesehatan masyarakat seperti balai kesehatan, pusat kebugaran ataupun pusat/ klinik kecantikan/gigi

  • Tenaga Asistensi keperawatan di instansi kesehatan milik pemerintah maupun swasta seperti Rumah Sakit, Puskesmas dan Balai Perawatan Kesehatan

  • Dapat melanjutkan ke Jenjang pendidikan yang lebih tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta (Poltekkes dan Universitas di Seluruh Indonesia)

Apakah lulusan SMK bisa kuliah?

Ya, bisa. Semua lulusan SMK dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di perguruan tinggi jika ingin menambah pengetahuan, wawasan serta kompetensinya agar kelak menjadi tenaga profesional yang handal. Umumnya, para lulusan SMK yang melanjutkan ke perguruan tinggi dengan pilihan jurusan yang sesuai dengan kompetensi keahliannya saat di SMK akan lebih berprestasi dan lebih terampil jika dibandingkan dengan lulusan SMA karena di SMK telah mempelajari mata pelajaran produktif yang disesuaikan dengan kompetensi keahliannya masing-masing. Artinya, setiap lulusan SMK sudah memiliki basic/ dasar pengetahuan sesuai dengan bidangnya masing-masing yang kemudian dikembangkan saat kuliah.

Posting Komentar untuk "Jurusan Asisten Keperawatan"